Kamis, 22 Desember 2011

Cara melakukan Trik "skid" pada sepeda Fixie










Skid merupakan salah satu trik yang terdapat pada sepeda fixie, trick ini merupakan teknik paling dasar dan juga paling kuno oleh para pengguna fixie.

trik ini sebenarnya sangatlah mudah karena bergantung kepada kekuatan kaki dan tangan kita untuk menahan laju kecepatan sepeda dengan cara membuat rotasi roda belakang berhenti menggunakan kaki di pedal dan sandaran paha terhadap stang, sehingga menghasilkan efek gesekan ban terhadap jalanan seperti aspal dan rumput (seperti di rem)


Bagi saya teknik skid ini lebih nyaman dipakai terhadap sepeda yang memiliki sistim gear mati atau sering disebut dengan Double trap dari pada mengunakan Torpedo. buat para pemula yang ingin melakukan teknik "skid" ada baiknya tidak melakukannya pada kecepatan tinggi karena akan berakibat fatal nantinya.


  • Dengan mencondongkan badan kita kedepan dengan tujuan roda belakang agak sedikit terangkat dari aspal (bukan berarti berarti tidak menyentuh aspal). Sebetulnya hanya mengurangi beban pada roda
    belakang, agar rotasi roda belakang lebih ringan untuk di hentikan oleh pedal dan tenaga kaki kita
  • Kedua tangan bertumpu pada setang sepeda
  • Selangkangan kita sebaiknya sejajar dan ikut bertumpu pada setang.
    Posisi ini membuat beban badan kita bertumpu di bagian sepeda roda depan.
  • Badan dan kaki penahan menjadi lurus diagonal seperti pada gambar-gambar diatas.
  • Tahan dengan konsisten dan gunakan tenaga terbaik pada kaki terkuat anda
  • Sampai disini seharusnya anda sudah bisa melakukan skid
  • Saat skidding, kontrol kemudi jangan sampai belok belok ga jelas (Kalau udah jago sih, bisa skidding sambil muter balik )
Saat mencondongkan badan kedepan memang agak menyeramkan, tapi percayalah, everything's gonna be allright
Saat berusaha menahan pedal, lakukan dengan optimis, jika ragu anda akan kehilangan kendali dan sepeda yang akan mengendalikan anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar